Extensi, Aplikasi Dan Software Untuk Desain Weblog

Extensi, Aplikasi dan Software sebagai alat bantu yang bisa dipergunakan untuk mempermudah dalam hal membentuk, mengedit, membuat sebuah desain tampilan blog atau web

Extensi, Aplikasi Dan Software Untuk Desain Weblog

Extensi, Aplikasi Dan Software Untuk Desain Weblog - Untuk memproduksi/membuat sebuah style (gaya) sebuah tampilan kadang kita memerlukan suatu alat bantu untuk mempermudah dalam penyelesaian sebuah desain, baik itu sebuah alat Extensi Browser, Aplikasi Online/Offline maupun sebuah Sofware yang tertanam pada komputer untuk menghasilkan tampilan-tampilan yang sesuai dengan keinginan.

Untuk menciptakan gaya, baik bentuk, ukuran dan warna kita membutuhkan sebuah konsep/inspirasi untuk bisa memulai mendesain. Tidak jarang bagi pemula maupun yang sudah terbisa dalam hal mendesain terkadang inspirasi itu susah untuk ditampilkan, kadang kita sering mondar-mandir mengunjungi beberapa blog atau website yang mungkin berhubungan dengan hal desain atau hanya untuk melihat desain blog/web tersebut, dengan cara itu biasanya ide-ide untuk membentuk sebuah desain akan timbul dengan sendirinya.

Kita tidak membicarakan ide atau inspirasi karena tiap orang mempunyai ide dan gayanya masing-masing dan tentunya tidak menutup kemungkinan ide-ide kalian lebih bagus dan brilian dan bisa menjadi inspirasi buat yang lain.

Untuk membantu mewujudkan ide-ide tersebut tidak salahnya kita mempergunakan sebuah alat Extensi, Aplikasi atau Software untuk mempermudah pengerjaan, dalam hal ini admin ingin berbagi tips yang mungkin bisa membantu dalam mempermudah desain sebuah bentuk, ukuran dan warna yang ingin ditampilkan.

Alat bantu ini menurut saya sangat mendukung dalam membuat sebuah desain tampilan:

Extensi Chrome Browser


ColorZilla
Sebuah extensi yang berhubungan dengan warna yang didalamnya berisi sub-sub pilihan alat sebagai pemilih warna ataupun untuk mengetahui warna sebuah blog atau website yang ditunjuk, tidak ketinggalan pula sebuah generator untuk sebuah warna gradient sudah termasuk didalamya, serta sub-sub alat lainnya yang berhubungan dengan warna.

Untuk memasang extensi ini bisa mengunjungi Google Webstore

JavaScript Errors Notifier
Extensi untuk mengetahui kesalahan yang terdapat dalam suatu web atau blog dalam hal pengggunaan javascript ataupun jQuery yang dipegunakan

Untuk memasang extensi ini bisa mengunjungi Google Webstore

Window Resizer
Extensi untuk mengetahui ukuran window dan viewport pada sebuah layar yang sedang dipergunakan, berguna untuk mengetahui keresponsivitas sebuah desain web atau blog.

Untuk memasang extensi ini bisa mengunjungi Google Webstore

Subtle Pattern Preview
Jika kalian menyukai sebuah desain web atu blog dengan background sebuah gambar, extensi ini sangat berguna untuk mem-preview hasil dari penggunaan background-backgriund gambar yang berasal dari Subtle Pattern.

Untuk memasang extensi ini bisa mengunjungi Google Webstore

Extensi Firefox Browser


Pada Browser firefox saya hanya memilih satu pilihan yang cocok untuk membantu pengguna browser firefox dalam membantu desainnya, walaupun hanya 1, extensi ini sangat-sangatlah lengkap karena didalamnya berisi generator seperti:

  • Text-shadow
  • RGBA
  • Transform
  • Box-shadow
  • Border-radius
  • Multiple Columns
  • Linear Gradient
  • Outline
  • Transition
  • Text and Font Style

Selain generator, juga terdapat konverter untuk:

  • Warna RGB ke Hex dan sebaliknya dari Hex ke RGB
  • Satuan unit em ke px dan sebaliknya px ke em

Selain yang disebutkan diatas masih ada beberapa tambahan lainnya.

Aplikasi: Iblogbox


Sebuah aplikasi online yang terdapat pada Google Web Store, jika kalian menggunakan browser Chrome bisa langsung menambahkan aplikasi tersebut pada browser melalui Link Ini, bagi pengguna selain chrome bisa langsung menuju alamat ini http://iblogbox.com/devtools/js/.

Dalam hal ini kita bicara style (gaya) bentuk desain tampilan, tentunya berhubungan erat dengan namanya CSS, pada aplikasi tersebut terdapat 3 kolom yang berisi CSS, HTML dan Result (hasil) disebelah kanan, tentunya dengan adanya kolom-kolom tersebut tidak perlu dijelaskan lagi bagaimana mudahnya aplikasi ini, karena akan langsung terlihat hasil dari CSS yang kita masukan tanpa perlu reload halaman.

Selain iblogbox masih banyak aplikasi-aplikasi online lainnya yang lebih dapat membantu dalam men-desain weblog.

Software


Notepad++
Merupakan sebuah software yang sifatnya freeware namun kemampuan dan fungsinya tidak diragukan lagi dalam hal membantu mengahasilkan sebuah bentuk desain, Softwarenya mirip dengan notepad yang ada pada Operating Sistem Windows namun memliki kelebihan, seperti apa kelebihan dan cara kerjanya silahkan coba sendiri dengan mendownload softwarenya.


Artisteer
Kemudahan dalam membuat sebuah desain weblog menggunakan software dari artistester ini tidak diragukan lagi, kenapa dibilang mudah, setelah kita mengatur rangka/desain dasar dari sebuah template/thema blog bisa dikonverversi penggunaannya menggunakan berbagai pilihan platform (Blogger, Wordpress, Drupal ataupun Joomla). Penasaran? kalian bisa menggunakan versi Trial untuk mencoba membuat dan mengaplikasikan desain yang kita buat untuk sebuah weblog dengan hitungan menit saja dan tanpa memerlukan keahlian khusus seperti photoshop, CSS, HTML ataupun lainnya.


Mungkin kalian mempunyai Extensi, Aplikasi atau Software yang lebih baik lagi dari pada yang disebutkan diatas, tidak salahnya untuk saling berbagi untuk kita semua, supaya kita bisa mempermudah dalam hal mendesain sebuah blog atau web dengan menambahkan melalui form komentar dibawah, Terimakasih.

No comments:

Terima Kasih Atas Komentar Anda

  • +Bagikan
  • +Admin